by

Gugatan LSM LIRA untuk Pilkada Kutai Diterima MK, KPU Kukar Siap Menghadapi

TENGGARONG, LiputanNTB – Pilkada Kutai Kartanegara (Kukar) memasuki babak baru setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menerima gugatan dari DPP LIRA. Kini KPU Kukar selaku tergugat siap menghadapinya.

“Iya diterima MK, kami siap hadapi, ” ungkap Komisioner KPU Kukar Divisi Hukum, Purnomo, Selasa 20 Januari 2021, di kantornya.

Surat Kuasa

Saat ini, KPU Kukar masih menunggu salinan dari KPU RI terkait salinan surat MK atas diterimanya gugatan pemohon. KPU Kukar juga sedang mengumpulkan bukti-bukti dan berkas pendukung untuk hadapi sidang gugatan PHPU. “Bahkan kami juga sudah siapkan pengacara, yang biasa tangani gugatan di MK, ” jelasnya.

Presiden DPP LSM LIRA Bersama Bpk Cahyo Kumolo semasa menjabat sebagai Mendagri

Untuk pembacaan materi gugatan dan bukti-bukti dari penggugat di persidangan nanti, terjadwal dari 25-29 Januari 2021. Namun, belum diketahui secara pasti kapan jadwal untuk Kukar pada tanggal tersebut. “Dari tanggal 1-6 Pebruari 2021 dijadwalkan pembacaan pembelaan dari KPU Kukar, ” jelasnya.

Kuasa

Sementara, putusan dari MK apakah gugatan tetap dilanjutkan atau dihentikan, dijadwalkan pada 15 Februari 2021. Jika persidangan dihentikan, maka KPU akan menjadwalkan pleno terkait penetapan pemenang Pilkada Kukar. “Jika dilanjut, maka putusan akhir MK jatuh 28 Februari 2021,” pungkasnya.

Comment

News Feed