by

Ria Indriani Siswi SMAN 1 Sakra Timur Sukses Jadi Jutawan.

Lombok Timur- LiputanNTB: Perkembangan dunia bisnis online shop kini kian melesat. Bisnis ini
ternyata menarik perhatian gadis muda cantik yang masih berprofesi sebagi pelajar ini. Ria Indriani merupakan gadis asal Desa Gereneng yang sukses menggeluti bisnis online shop. Pelajar yang kini duduk di bangku SMA ini mengaku sudah menggeluti bisnis online shop sejak Oktober 2020.

Berawal dari hobi, dan pandemi covid-19 siswi kelas 12 di SMAN 1 Sakra Timur Ria Indriani, mampu menjadikan hobi dan waktu senggang sebagai peluang usaha.

“Semenjak masa pandemi, sekolah diliburkan, tentu uang jajan juga libur, mau minta ke orang tua saya malu” paparnya saat ditemui awak media di Desa Gereneng Sabtu, 23/01/2021.

Ria sapaan akrab gadis cantik nan cerdas ini mengaku dimasa pandemi siswa- siswi diharuskan belajar daring atau mandiri, banyak waktu luang yang harus terbuang sia-sia. Tak ingin waktunya terbuang sia-sia, Ria manfaatkan untuk belajar merajut.

“Saya belajar merajut dari kakak sambil menonton tutorial di Youtube, sulit sekali belajar merajut, tapi disetiap ada kemauan pasti ada jalan”, tuturnya.

Sambil tersenyum Ria menceritakan perjalanannya memulai usaha online shop. Orderan pertamanya adalah sebuah tas HP. Tas tersebut ia jual dengan harga 45.000 rupiah dari modal 20.000.

“Karena ini jenis usaha Home Made, saya merajut ketika ada pesanan saja”, ungkapnya.

Beberapa jenis rajutan yang sering dipesan konsumen, diantaranya Tas HP, Tas Selempang,Tas Tote Bag, Tas punggung, Tempat Tisu dan Dompet. Hasil rajutannya ia promosikan di sosial media.

‘’Penghasilan pada bulan pertama saya mencapai satu juta empat ratus, setelah barang jadi, lalu saya mengunggah barang pesanan tersebut menjadi sample barang untuk dipesan, sekarang omset saya sudah tembus juataan perbulan”, tambahnya.

“Sekarang, saya mampu memenuhi kebutuhan pribadi saya dengan hasil rajutan saya, untuk yang ingin memesan hasil rajutan saya bisa check akun Instagram RIA4300,ditunggu ya”, terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Gereneng, Budi Harlin mendukung penuh generasi seperti (Ria,red).

“Kami bahagia mendengar ada warga kami yang masih gadis tapi sudah pintar mencari uang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dirinya dan keluarganya” Jelasnya.

Kades tiga priode ini berharap semoga ada Ria-Ria lain di Desa Gereneng dan Desa-desa lain di Kecamatan Sakra Timur. Semoga jejak Ria ini dapat ditiru oleh remaja lainya. lebih-lebih ditengah semerawutnya penggunaan media sosial, bisa untuk dimnfaatkan pada hal-hal positif dan produktif, seperti yang dilakukan Ria, Tutupnya. (Azzi-red)

Comment

News Feed